Berita

UPDATE TEKNOLOGI:

Pengenalan Teknologi DR Terbaru oleh RayenceTM         

Selasa (30/11/2021) Program Studi Radiodiagnostik da Radioterapi STIKes Senior Medan mendapat kesempatan yang sangat bagus untuk bisa berdiskusi dengan pelaku teknologi di Bidang Radiodiagnostik. Kegiatan yang dilakukan di Laboratorium Teknik Radiografi ini dihadiri lebih dari 30 peserta mulai dari tingkat I hingga mahasiswa tingka III dan juga oleh dosen Program Studi.

Kegiatan yang direncanakan hanya berlangsung selama kurang lebih dua jam, mulai dari Pukul 14.00 WIB nyatanya berlangsung hingga kurang lebih empat jam karena antusiasme mahasiswa dan dosen selama proses diskusi dan demo.

 Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program Prodi yang bertujuan memperkenalkan segala bentuk pengembangan terkini teknologi di bidang keradiodiagnostikan bagi dunia kampus, khususnya buat mahasiswa. Dengan demikian mahasiswa diharapkan memiliki fleksibilitas dan semangat beajar yang tinggi dalam  menyesuaikan kemampuannya dengan dunia industri dan dunia kerja. Sementara untuk Prodi sendiri, kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan atmosfir ilmiah dan atmosfir akademik yang lebih baik lagi guna mempersiapkan diri menjadi Program Studi Radiologi yang terkemuka di Indonesia dan Regional.

Pada sesi kali ini, yang menjadi pembicara dalam kegiatan adalah yang Terhormat Bapak Herru. S ditemani oleh yang Terhormat Ibu Sri Andayani dan Bapak Zul Helmi dari PT. Deli Karya. PT. Deli Karya sendiri merupakan sebuah perusahaan di Medan yang bergerak di bidang Suplier peralatan medis.

Kegiatan diawali dengan kata sambutan mewakili kampus oleh Bapak Wanri Lumbanraja, M.Sc selaku ketua Program Studi D3 Radiodiagnostik dan Radioterapi STIKes Senior Medan. Selanjutnya, langsung masuk ke pengantar sistem digital, yakni pengenalan konsep digit, bit, Byte, pixel, hingga konsep Grayscale. Materi selanjutnya adalah proses digitalisasi Sinar-X dengan menggunakan sensor Scintilator berbahan Caesium Iodide (CsI:TI).

Antusiasme peserta berlanjut hingga pengenalan salah satu DR terbaru yaitu RayenceTM. Demo yang ditunjukan membuat peserta kagum dengan hasil gambar radiografi yang dihasilkan serta prosesnya yang sangat cepat. Pertanyaan-pertanyaan ilmiah yang diajukan oleh mahasiswa-pun membuat suasana menjadi riuh dan hidup. Salah satu mahasiswa atas nama Michael Tarigan menanyakan bagaimana DR bisa meminimalkan dosis menjadi lebih rendah terhadap pasien dibandingan dengan model Radiografi lain seperti penggunaan CR dan film. Eka Kartika Sembiring, Dwi Elza Fimanuri dan Reynaldi Purba bertanya terkait resolusi, proses digitalisasi sinyal dan keunggulan lain yang ada pada DR.

Kegiatan demo diakhiri dengan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan pengambilan gambar menggunakan pesawat Sinar-X yang tersedia di Laboratorium program Studi. Selanjutnya evaluasi gambar radiografi tersebut diberikan oleh dosen yang hadir pada kegiatan tersebut.

Di akhir acara, Ketua Program Studi mengucapkan terima kasih kepada pemateri, mahasiswa dan dosen yang hadir dan mendukung kegiatan tersebut. Harapan-harapan juga disampaikan kepada mahasiswa agar menjadi pembelajar yang tangguh dan selalu siap dengan perkembangan teknologi ke depan. (wl)

Lihat Foto Kegiatan di sini INFORMASI>GALERY atau akses: http://radiologi.stikessenior.ac.id/view-galeri/update-teknologi#