Berita

Dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan, D3 Radiodiagnostik dan Radioterapi (D3 Radiologi) STIKes Senior Medan oleh Yayasan tidak berhenti meningkatkan fasilitas yang sudah ada. Hal ini dilakukan seiring dengan peningkatan teknologi dan berkembangnya kebutuhan keahlian radiografer di dunia kerja.

Kali ini, tambahan fasilitas adalah pengadaan Digital Radiography/Direct Reading (DR) yang tentu saja berbasis komputer. DR sendiri adalah teknologi di bidang Radiografi Medis yang berfungsi sebagai penerima dan pengembang gambar (Receiver dan Image Developer) berbasis Cessiuim Iodida (CsI). Teknologi ini menggantikan keberadaan film konvensional yang masih membutuhkan cairan pencuci film di ruangan gelap kedap cahaya.

DR memiliki banyak keunggulan, yakni proses lebih cepat, tanpa film, tanpa kamar gelap dan tanpa cairan pencuci film yang tentunya lebih ramah lingkungan. Selain itu, gambar lebih berkualitas dan mudah dibagikan (Shareable). Oleh karena itu, proses belajar akan lebih efektif dan efisien dari segi waktu, sehingga proses diskusi dan belajar memiliki porsi yang lebih banyak.

Selain pengadaan DR, Jurusan Radiologi Senior juga merealisasikan sebanyak 20 unit Komputer dengan spesifikasi yang mumpuni yang dilengkapi dengan Picture Arciving Communication System (PACS). Sistem ini merupakan system penyimpanan dan system komunikasi file di bidang radiologi pencintraan medis. Menurut Bpk Herru S, Teknisi di bidang DR, STIKes Senior merupakan Institusi Pendidikan Pertama di Indonesia yang memiliki laboratorium komputer dengan unit Personal Computer (PC) yang dilengkapi PACS terbanyak hingga saat ini. Hal ini menunjukan keseriusan Yayasan dan Institusi dalam mempersiapkan fasilitas Pendidikan bagi seluruh anak bangsa yang ingin melanjutkan Pendidikan tinggi di bidang radiologi.

  Pada acara pengenalan, mahasiswamahasiswi dituntut memiliki fleksibilitas dan semangat belajar yang semakin tinggi dalam menyesuaikan kemampuannya dengan berkembangnya zaman dan teknologi, saat belajar hingga kelak nanti di dunia medis maupun dunia industri. Bapak Wanri Lumban Raja ,M.Sc. selaku Kaprodi program studi D3 Radiodiagnostik dan Radioterapi di STIKes Senior Medan mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Senior Power Medan atas perhatian dan dukungan yang luar biasa pada Program Studi.

    Kegiatan ini berlangsung antusias hingga berlanjut ke pengenalan DR (Digital Radiografi). Alat ini membuat peserta kagum dan riuh karena hasil dan proses digitalisasi nya yang bagus dan cepat. Dengan perkembangan alat ini para pelajar tidak perlu repot-repot untuk mengatur faktor-faktor eksposisi sesulit saat menggunakan alat model radiografi lain seperti penggunaan CR dan film, dengan alat ini juga dapat meminimalisir penggunaan dosis radiasi yang digunakan.

Tris Aulia Purba dan Arwind, mahasiswa Tingkat I menyampaikan rasa bangga atas fasilitas tersebut dan berjanji akan semakin semangat belajar untuk mencapai kompetensi dan menjadi pembelajar yang bijaksana dan siap dengan perkembangan teknologi yang akan datang. Melalui media Instagram prodi @Radiologi.Senior beberapa alumni juga menyampaikan rasa bangga sebagi alumni atas perkembangan Prodi yang begitu pesat.

“Sangat bangga menjadi alumni @Radiologi Senior” tulis salah satu alumni.

“Menyesal terlalu cepat tamat, sukses buat @Radiologi.Senior” tulis alumni lain sambil menambahkan emotikon senyum.

Ada juga mahasiswa yang langsung mengajak para folowernya untuk bergabung meraih Pendidikan tinggi di Radiologi Senior.

“buat teman-teman sekalian, mari bergabung dan belajar bersama di kampus STIKES SENIOR MEDAN, dengan belajar disini, maka masa depan anda akan lebih terjamin, karena STIKES SENIOR Medan akan memberikan lebih dari apa yang kalian harapkan, dengan memberikan fasilitas kenyamanan ketaatan, keteladanan, dan pendidikan yang baik.

Jadi, tunggu apa lagi?

Mari bergabung bersama kami di kampus STIKES SENIOR Medan ????"

Ucap Tris saat diminta menyampaikan perasaannya. (WL)